Menurut pandangan Saudara, bagaimana hubungan Administrasi Kepegawaian dengan manajemen sumber daya manusia? Berikan penjelasan disertai data dukungnya baik dasar hukum maupun teori


Administrasi Kepegawaian dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah dua konsep terkait yang memiliki perbedaan dalam pendekatan dan fokus, tetapi keduanya sangat penting dalam mengelola tenaga kerja di sebuah organisasi.


Menurut pandangan Saudara, bagaimana hubungan Administrasi Kepegawaian dengan manajemen sumber daya manusia? Berikan penjelasan disertai data dukungnya baik dasar hukum maupun teori.

Administrasi Kepegawaian dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah dua konsep terkait yang memiliki perbedaan dalam pendekatan dan fokus, tetapi keduanya sangat penting dalam mengelola tenaga kerja di sebuah organisasi.

Administrasi Kepegawaian lebih fokus pada tata kelola administrasi seputar tenaga kerja dalam hal-hal seperti pengangkatan, pemutusan hubungan kerja, kenaikan pangkat, gaji dan tunjangan, disiplin kerja, dan pengarsipan dokumen kepegawaian. Sementara itu, MSDM lebih fokus pada strategi dan tindakan yang dilakukan oleh organisasi untuk memperoleh, mengembangkan, dan memelihara sumber daya manusia yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi.

Namun, kedua konsep ini saling terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain. Administrasi Kepegawaian merupakan landasan dalam mengimplementasikan strategi MSDM, karena administrasi kepegawaian yang baik dapat membantu organisasi memperoleh tenaga kerja berkualitas dan memelihara hubungan kerja yang baik dengan karyawan.

Dalam hal dasar hukum, administrasi kepegawaian dan MSDM memiliki dasar hukum yang berbeda. Administrasi kepegawaian diatur dalam peraturan perundang-undangan seperti UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, sedangkan MSDM tidak diatur secara khusus dalam peraturan perundang-undangan, tetapi diimplementasikan melalui praktik-praktik manajemen sumber daya manusia.

Dalam teori, konsep MSDM mulai berkembang pada tahun 1980-an sebagai respon terhadap perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan dinamis. Teori-teori MSDM yang terkenal antara lain teori kebutuhan hierarkis Maslow, teori motivasi Herzberg, dan teori X dan Y dari Douglas McGregor. Sementara itu, konsep Administrasi Kepegawaian lebih fokus pada tata kelola administrasi.

Data dukungannya dapat dilihat dari penelitian yang dilakukan oleh banyak ahli. Salah satu penelitian yang menunjukkan hubungan antara MSDM dan kinerja organisasi adalah penelitian oleh Huselid (1995) yang menunjukkan bahwa MSDM yang efektif dapat meningkatkan kinerja organisasi. Selain itu, penelitian oleh Wright dan McMahan (1992) menunjukkan bahwa MSDM dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif bagi organisasi.

Dengan demikian, Administrasi Kepegawaian dan MSDM adalah dua konsep yang saling terkait dan saling mempengaruhi dalam mengelola tenaga kerja di sebuah organisasi. Administrasi kepegawaian merupakan landasan dalam mengimplementasikan strategi MSDM, dan keduanya memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja organisasi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menurut pandangan Saudara, bagaimana hubungan Administrasi Kepegawaian dengan manajemen sumber daya manusia? Berikan penjelasan disertai data dukungnya baik dasar hukum maupun teori"

Post a Comment