Progresi Akord Jazz dari Nada C sampai B

Progresi akord jazz dari nada C sampai B adalah salah satu dari banyak jenis progresi akord yang dapat digunakan dalam improvisasi jazz. Dalam dunia musik jazz, progresi akord sering kali dipakai sebagai dasar untuk membuat lagu-lagu atau sebagai materi untuk berimprovisasi. Progresi akord jazz sendiri memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan progresi akord di genre musik lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh progresi akord jazz dari nada C sampai B beserta penjelasannya:


Progresi Cmaj7: Dm7 - G7 - Cmaj7




Progresi ini merupakan contoh dari progresi akord ii-V-I di kunci C mayor. Akord Cmaj7 merupakan akord I, Dm7 merupakan akord ii, dan G7 merupakan akord V. Pola ii-V-I sendiri merupakan pola yang sangat umum digunakan dalam dunia jazz dan biasanya diaplikasikan di akhir frase atau bar. Progresi ini sering dipakai dalam lagu jazz standard seperti Autumn Leaves, How High the Moon, dan All the Things You Are.

Baca Juga: Penjelasan Progresi Acrod Lengkap

Progresi Am7b5 - D7 - Gm7 - C7

Progresi ini merupakan contoh dari pola ii-V-I di kunci F mayor. Akord Am7b5 merupakan akord ii, D7 merupakan akord V, Gm7 merupakan akord ii di kunci Bb mayor, dan C7 merupakan akord V di kunci F mayor. Progresi ini sering dipakai dalam lagu jazz seperti Fly Me to the Moon, Misty, dan Blue Bossa.


Progresi Dm7 - G7 - Cmaj7 - Fmaj7

Progresi ini juga merupakan contoh dari progresi akord ii-V-I di kunci C mayor, tetapi dengan penambahan akord Fmaj7 sebagai akord IV. Pola ii-V-I sendiri biasanya diaplikasikan di akhir frase atau bar. Progresi ini sering dipakai dalam lagu jazz seperti All of Me, Take the A Train, dan Summertime.


Progresi Em7 - A7 - Dm7 - G7

Progresi ini merupakan contoh dari pola ii-V-I di kunci D minor. Akord Em7 merupakan akord ii, A7 merupakan akord V, Dm7 merupakan akord i, dan G7 merupakan akord V di kunci D minor. Progresi ini sering dipakai dalam lagu jazz seperti So What, On Green Dolphin Street, dan Footprints.


Progresi Fmaj7 - Bbmaj7 - Ebmaj7 - Abmaj7

Progresi ini merupakan contoh dari pola I-IV-VII-III di kunci Eb mayor. Akord Fmaj7 merupakan akord I, Bbmaj7 merupakan akord IV, Ebmaj7 merupakan akord VII, dan Abmaj7 merupakan akord III. Progresi ini sering dipakai dalam lagu jazz seperti Giant Steps, Countdown, dan Tune Up.


Progresi G7 - C7 - Fmaj7 - Bbmaj7

Progresi ini merupakan contoh dari pola V-I-IV-IV di kunci F mayor. Akord G7 merupakan akord V, C7 merupakan akord I, Fmaj7 merupakan akord IV, dan Bbmaj7 merupakan akord IV di kunci Eb mayor.

Progresi akord ini sering dipakai dalam lagu jazz seperti Blue Monk, Watermelon Man, dan Straight No Chaser.


Progresi Cmaj7 - Am7 - Dm7 - G7

Progresi ini merupakan contoh dari pola I-vi-ii-V di kunci C mayor. Akord Cmaj7 merupakan akord I, Am7 merupakan akord vi, Dm7 merupakan akord ii, dan G7 merupakan akord V. Pola ini sering dipakai dalam lagu jazz seperti Autumn Leaves, My Romance, dan Stella by Starlight.


Progresi Gm7 - C7 - Fmaj7 - Bbmaj7 - Ebmaj7 - Abmaj7

Progresi ini merupakan contoh dari progresi akord yang disebut dengan Circle of Fifths. Progresi ini menggunakan akord-akord dengan interval kelima yang berurutan. Akord Gm7 merupakan akord ii di kunci F mayor, C7 merupakan akord V di kunci F mayor, Fmaj7 merupakan akord I di kunci F mayor, Bbmaj7 merupakan akord IV di kunci Eb mayor, Ebmaj7 merupakan akord VII di kunci Eb mayor, dan Abmaj7 merupakan akord III di kunci Eb mayor. Progresi ini sering dipakai dalam lagu jazz seperti I Got Rhythm dan Take Five.


Progresi akord jazz dari nada C sampai B merupakan salah satu dari banyak jenis progresi akord yang dapat digunakan dalam dunia jazz. Setiap progresi memiliki karakteristik yang unik dan dapat digunakan untuk menghasilkan suasana musik yang berbeda. Dalam dunia jazz, progresi akord sering dipakai sebagai dasar untuk membuat lagu atau sebagai materi untuk berimprovisasi. Dengan memahami berbagai jenis progresi akord, seorang musisi jazz dapat memperkaya kreativitas dan ekspresinya dalam bermain musik.

UNTUK GAMBAR ACORD BISA DILIHAT DIBAWAH INI




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Progresi Akord Jazz dari Nada C sampai B "

Post a Comment